[Bisnis] Mau Bisnis Apa?


Apakah Anda ingin punya bisnis sendiri?

Banyak orang ingin punya bisnis, tapi saat ditanya mau bisnis apa? Masih bingung atau belum kepikiran, hehehe..gpp ini wajar dan kebanyakan orang yang sehari-harinya bekerja sebagai karyawan ngga mudah untuk menjawab pertanyaan ini.

Tahun lalu saya dengan beberapa partner Konsultan Keuangan, dihire oleh salah satu perusahaan minyak untuk menghandle Konsultasi One on One sejumlah karyawannnya yang kemungkinan akan mengambil penawaran paket pensiun dini. Dan saya dipercayakan untuk menghandle bagian Entrepreneurship.

Dari sejumlah karyawan yang datang, saya melihat 2 karakteristik, ada yang sudah siap menjadi entrepreneur karena mereka ternyata sudah memiliki bisnis yang dibangun sejak beberapa tahun, bahkan ada yang memiliki lebih dari satu bisnis, namun ada sebagian lain yang sama sekali 'buta' ibaratnya, ngga tau mau bisnis apa.

Nah, waktu itu saya beri 3 tips untuk memulai bisnis bagi mereka yang belum terpikir mau usaha apa. Ide bisnis, bisa dimulai dari:

1. Hobby

Sesuatu yang selama ini kita suka lakukan, sebagai contoh ada seorang bapak yang berkata ia membuka coffee shop karena dia suka nongkrong sambil ngopi sama teman-temannya.

Ada juga seorang gadis muda yang senang membuat kue, dan setiap dia bawa kue hasil buatannya banyak orang yang suka dan akhinya jadi banyak pesanan, bahkan dia sampai harus menolak beberapa pesanan karena dia sudah kecapean pulang kerja. Sayang ya? 

2. Skill

Alternatif kedua bisa dari keahlian yang kita miliki, misal Anda bekerja sebagai accounting, maka sebenarnya Anda bisa membuka usaha accounting freelance dimana  Anda malah bisa menghandle beberapa perusahaan tanpa harus terikat jam kerja. 

Atau Anda bisa desain nah banyak orang membutuhkan jasa desain, untuk kartu nama, website, logo perusahaan, dll.

3. Passion

Nah, kalo membahas passion agak lebih dalam, karena ini terkait dengan apa yang dirasakan didalam hati, ada dorongan dari dalam diri yang kuat mengenai sesuatu hal atau kita sering dengar disebut calling.

Saya coba menggambarkan apa yang saya alami, saya waktu dulu bekerja sebagai IT tapi setelah masuk tahun ke 5 rasanya saya merasakan jenuh tingkat tinggi dan ingin melakukan sesuatu yang lain yang bisa lebih banyak membawa dampak atau membantu orang lain. 

Oleh karena itu saya memberanikan diri belajar hal baru dan menjadi seorang Konsultan Keuangan, untuk membantu orang mengatur keuangan dan mengatasi masalah keuangan, terutama utang. Dan akhirnya saat ini saya bisa seperti dokter praktek sendiri dan memiliki beberapa client personal dan bisnis, tanpa terikat jam kerja.

Ada contoh lain juga yaitu seseorang yang membuka usaha barang-barang daur ulang sampah, karena ia concern melihat begitu banyak sampah, sehingga ia memikirkan bagaimana caranya agar sebagian sampah bisa diolah, bahkan bisa menjadi hal yang berguna dan memiliki nilai jual.

Jadi kalo Anda masih bingung coba cek ketiga hal diatas dan coba buat daftar Hobby, Skill atau Passion yang Anda miliki. Boleh comment dibawah kalau ada yang ingin sharing atau bertanya.

Di artikel selanjutnya kita akan bahas beberapa persiapan yang perlu dilakukan untuk membangun sebuah bisnis. Follow by e-mail biar ngga ketinggalan yaa ;)

Till we meet again, 

Salam Sehat Keuangan,


Yosephine Tyas

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman menjadi Self Employee

Yuk Lunasi Utang Mobil Lebih Cepat!

The Power Of Emergency Fund