Finance Lessons from My Parents



Kita bisa belajar mengatur keuangan dari orang-orang yang ada disekitar kita. Dan aku belajar hal-hal penting dari kedua orang tuaku:

Mamaku
1.Tidak biasa berhutang.
Mamaku orang yang jarang sekali berhutang, kalaupun pernah untuk urusan yang penting. Tidak pernah ada masalah dengan orang lain karena hutang, malah sebaliknya sering memberikan pinjaman pada yang membutuhkan.

2.Rajin mencatat pengeluaran dan pintar budgeting.
Mama selalu mencatat dengan jelas dan detil setiap pengeluaran yang dilakukan. Mengalokasikan untuk kebutuhan primer, pendidikan anak-anaknya, juga pendidikan Papa yang sampai saat ini masih suka belajar dan menuntut ilmu. Mama bisa mengatur uang yang ada untuk setiap pos pengeluaran, seberapapun yang diberikan.

3.Tidak Konsumtif.
Mama adalah orang yang sederhana, tidak banyak meminta atau menuntut dari suami juga anak-anak. Hampir tidak pernah memikirkan sesuatu yang khusus untuk kepentingan dirinya sendiri.


Papaku
1.Pekerja keras dan jujur.
Papaku menyukai pekerjaannya dan mencukupi kebutuhan keluarga kami dengan baik. Tidak terlalu berlebihan dan juga tidak berkekurangan. Papaku mengajarkan untuk hidup cukup, dan bersyukur dengan apa yang ada, dan tidak melakukan hal yang tidak baik demi mencari keuntungan. Kejujuran adalah hal yang dijunjung tinggi.

2.Percaya kepada istri.
Papa mempercayakan seluruh penghasilannya kepada mama untuk diolah, untuk rumah, anak-anak dan kebutuhan dasar. Tidak pernah curiga atau meragukan mamaku dalam mengelola keuangan.

3.Suka memberi.
Papaku tidak pernah perhitungan dan senang memberi pada orang lain. Memiliki komitmen yang besar jika sudah ingin memberi dan berkontribusi terhadap suatu hal yang dirasakan berdampak positif bagi banyak orang.

Keuangan keluarga tergantung bagaimana karakter suami dan istri, bagaimana keduanya melihat dan memperlakukan uang, bagaimana bisa saling bekerjasama demi kebutuhan keluarga dan juga bagaimana mengelola berkat agar bisa menjadi berkat bagi orang lain juga.


Aku bangga dengan kedua orang tuaku dan bersyukur memiliki keduanya, karena disadari atau tidak orang tua memberikan contoh pada anak-anaknya.

             
Semoga kita bisa belajar melakukan hal baik dari orang tua kita, mengambil setiap hal positif yang ada.

Ada pelajaran lain dari orang tua? Atau pengalaman yang ingin dishare? Meet me in the comment :))



Cheers,


@phien13

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman menjadi Self Employee

Yuk Lunasi Utang Mobil Lebih Cepat!

The Power Of Emergency Fund