Dana Liburan: Ready or Not?


Vacation is coming!

Ya akhir tahun sudah tiba dan banyak orang sudah siap-siap menanti hari libur yang telah mereka rencanakan. Liburan menjadi saat yang ditunggu-tunggu karena merupakan refreshment moment dan saat menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, jadi hopefully it will have a happy ending, right?

Beberapa sudah membeli tiket dari jauh-jauh hari dan memesan hotel/penginapan yang akan ditempati disana, tapi tidak sedikit yang melakukan semuanya on the spot alias mendadak.

Ada beberapa hal yang bisa kita siapkan agar liburan dapat kita nikmati dan pastinya tidak membawa beban, supaya jangan setelah liburan selesai bingung dengan hutang konsumtif yang menumpuk..itu namanya nikmat membawa sengsara..hehe..

Tentukan budget liburan

“Yah..budget lagi..budget lagi..” beberapa mulai mengeluh..but that’s the basic rule! Kalau kita tidak pernah menentukan budget/anggaran liburan maka jangan heran kalau dana yang dihabiskan sangat besar sehingga mungkin bonus akhir tahun habis semua untuk liburan, atau bela-belain gesek credit card tapi nanti bingung bayar minimum payment-nya. Budget itu bisa dianggap sebagai our guardian atau penjaga kita yang mengingatkan bahwa ada batas yang jangan kita langgar, demi kebaikan kita juga. Budget perlu dibuat detil, untuk tiket pulang-pergi, penginapan, makan & minum, transport, jajan, belanja/oleh-oleh, tempat wisata, dll. Jangan sampe ada yang ketinggalan yaa..

Pilih tempat liburan yang sesuai

Jadi sudah bisa menentukan budget ya..okay next saat menentukan tempat tujuan ya  harus disesuaikan dengan budget, mo keluar negri boleh-boleh aja, tapi kalo budget-nya cuma cukup buat beli tiket pesawatnya ya jangan dipaksakan, next time prepare well okay, don’t be sad. Kalo memang bener-bener pengen kesitu tapi budget-nya belum cukup ya kalo gitu ada dua pilihan, pertama tetap pergi berlibur ke tempat yang sesuai budget atau menunda liburan dan mulai menambah dana liburan supaya bisa ke tempat impian, yang penting hati tenang dan senang ya kan.. ;)

Keep in control

Liburan memang saatnya senang-senang tapi bukan berarti lupa diri kan? Apalagi lupa pulang..hihi..nah buat yang hobby belanja tetap waspada sudah berapa banyak uang yang dihabiskan, kalo buat budget-nya udah okeh banget tapi pelaksanaannya gagal yahh susah-susah juga deh akhirnya. Jadi ya sisihkan cash/uang tunai untuk belanja (sesuai budget yang sudah ditetapkan) kalo sudah habis ya udah stop! Tapi gimana donk kan kapan lagi kesitu?? Ya kapan-kapan..hehe..there’s always an excuse to over your budget, so decide wisely..Jangan lupa punya tujuan keuangan yang lain yaa..

So are you ready to go? I hope you are well prepared and will have a happy holiday! 

Image taken from here

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman menjadi Self Employee

Yuk Lunasi Utang Mobil Lebih Cepat!

The Power Of Emergency Fund