Pusing dengan Tagihan-tagihan? Yuk Diatur!




Pernah kena denda karena telat bayar tagihan?

Ga bisa inget jatuh tempo tagihan-tagihan?

Suka lupa mana tagihan yang udah dibayar, mana yang belum?

Tagihan tiap bulan kalo ga di-manage bisa bikin keuangan kacau lho, apalagi kalo kita ga pernah ngeh berapa besar denda dan bunga yang akhirnya harus kita bayar, hiks..sayang kan.. L

Income yang kita hasilkan jumlahnya mostly sama tiap bulan terutama buat yang bekerja sebagai karyawan, sedangkan pengeluaran kebanyakan jumlahnya naik turun, kadang ga menentu ya kan? Nah, itu sebabnya yang paling perlu diatur adalah pengeluaran.

Tagihan-tagihan yang rutin terus datang tiap bulan adalah pos pengeluaran yang bisa diatur dengan lebih baik karena jumlahnya biasanya tetap, atau jika berubah tidak terlalu signifikan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk ngatur tagihan-tagihan tsb :

Catat tagihan-tagihan apa saja yang harus kita bayar serta jumlahnya. Tagihan yang ada biasanya mencakup Listrik, Air, Telepon Rumah, Handphone, Internet, TV Cable, Sewa Kost, Premi Asuransi, Kartu Kredit, KPR, KPM, dll.

Cek tanggal jatuh tempo setiap tagihan yang ada. Jatuh tempo tagihan kebanyakan di akhir bulan, awal bulan atau pertengahan bulan. Contact call center untuk memastikan tanggal-tanggal tersebut.

Tentukan pembayaran akan dilakukan manual atau autodebet. Sebaiknya untuk tagihan yang jumlahnya tetap di-set semua menjadi autodebet. Untuk yang jumlahnya tidak tetap bisa dibayar manual atau sebenarnya bisa diset autodebet (full payment). Autodebet bisa diset ke kartu kredit atau rekening bank kita.

Untuk pembayaran manual set 2 tanggal dimana kita akan melakukan pembayaran tagihan. Sebaiknya akhir dan pertengahan bulan, misal tanggal 28 dan tanggal 15. Kebanyakan dari kita menunggu H-2 atau bahkan H-1 sebelum jatuh tempo tagihan, akibatnya malah kelewatan karena satu dan lain hal ya kaaannn.. ;)

Buat reminder untuk 2 tanggal tersebut setiap bulan. Gunakan fasilitas di hp or smartphone untuk melakukan ini. Pas alarm bunyi, jangan di-dismiss yaaa..hihihi..

Semoga bisa lebih pinter ngatur tagihan-tagihan yang dateng yaa..ga pusing lagi n bisa ngerjain hal-hal yang lebih penting ya kan ;)

Happy Smart Planning!

@phien13

Image take from here


Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman menjadi Self Employee

Yuk Lunasi Utang Mobil Lebih Cepat!

The Power Of Emergency Fund