Wujudkan Impianmu!


Apa Impian kamu?

Nah, bagaimana kalau apapun impian kamu bisa kamu wujudkan?

Mau tau caranya? Yuk simak tulisan berikut!

Di blog saya popular post-nya adalah My Reksadana Part I: From Worker to Investor dan My Reksadana Part II: Be a Smart Investor. Kenapa dua post itu sangat menarik? Karena itu adalah pengalaman real yang saya alami, saya yang dulu buta investasi jadi melek setelah belajar tentang perencanaan keuangan dan reksadana adalah salah satu hal yang membuat saya sangat excited. Ternyata merencanakan keuangan itu ada ilmunya lho! Selama ini kita lebih fokus sama gimana caranya cari uang, tapi pernah ngga kita belajar gimana caranya ngatur uang yang kita hasilkan?

Nah itu sebabnya ada banyak masalah keuangan. “Ah saya ngga punya masalah keuangan, keuangan saya baik-baik aja tuh..” hehehe..masalah keuangan itu bukan hanya soal ‘merasa’ baik-baik aja lho, kalo kita ngga nabung rutin minimal 10% dari penghasilan kita tiap bulan, kalo cicilan utang sudah lebih besar dari 30% penghasilan, kalo aset investasi kita kurang dari 50% dari total aset, itu ngga sehat secara rasio keuangan. Jadi ibaratnya kalo ke dokter kita melakukan medical check up, dalam perencanaan keuangan/financial planning kita melakukan financial check up. Jadi kita tahu kondisi keuangan kita itu sehat or ngga, mana aja yang ngga sehat dan gimana cara nyehatinnya.

Ngatur keuangan yang bener itu untuk kebutuhan jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Inget lho usia produktif kita terbatas, kira-kira dari usia 23 tahun (lulus kuliah) sampai usia 55 tahun (usia pensiun normal) jadi kurang lebih 32 tahun, lama ya? Iyah tapi jangan salah, kalo udah dijalanin ngga kerasa udah bertahun-tahun kerja dan tiba-tiba aja pensiun udah didepan mata! Dan banyak kisah dari karyawan purnabhakti perusahaan, sebagian besar mereka ngga punya tabungan, masih punya anak yang belum lulus kuliah, masih ada cicilan utang, belum punya rumah milik sendiri, dan masih harus bekerja lagi di usia pensiun, duhh! 

Banyak pengalaman yang membuat saya tambah semangat dan terpanggil untuk terus mengingatkan dan berbagi ilmu ke saudara, teman dan semua yang saya kenal tentang pentingnya investasi, dan sekali lagi bukan soal jumlah tapi yang lebih penting adalah mulai dan rutin, sama satu lagi jangan diambil-ambil, kalo ngga kapan kekumpulnya, please dehhh… :P 

Satu hal lain yang perlu kita syukuri adalah karena saat ini kita udah bisa investasi online, jadi kita ngga harus tuh cape-cape and ribet ke bank, manajer investasi, atau perusahaan sekuritas untuk bisa mulai invest. Kenapa saya sering bahas soal investasi reksadana? Karena produk reksadana ini adalah produk investasi yang dibuat untuk memudahkan orang awam atau masyarakat umum yang pengetahuan dan waktunya terbatas untuk bisa berinvestasi di Pasar Modal dengan dana yang kecil.  Dengan reksadana online kita sudah bisa memulai investasi hanya dengan 100 ribu rupiah! Dan kayanya itu paling setara sama satu kali makan di mal ya kan? Produk reksadana ini juga adalah produk investasi yang ada dibawah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) boleh dicek di web OJK dan kalau mau tanya-tanya soal reksadana bisa langsung call ke layanan konsumen OJK, biar ngga tertipu investasi bodong.


Sebagai seorang finance consultant, saya jadi suka explore berbagai macam produk reksadana dari berbagai Manajer Investasi (MI). Dan sekarang ini ada berbagai platform reksadana online dimana kita jadi bisa beli berbagai macam produk reksadana tanpa harus ke MI satu-satu, jadi bisa diibaratkan kaya supermarket reksadana. Yang terakhir saya coba adalah POEMS Profunds, awalnya saya buka account di Phillip Sekuritas karena saya tertarik waktu diinfo bahwa di Phillip Sekuritas kita bisa sekaligus membeli saham dan reksadana dan bisa memantau keduanya dalam satu platform dan sudah ada aplikasi di smart phone, itu yang penting! Hari gini semua harus bisa diakses dari genggaman, setuju kan?

Nah, sekarang kita balik ke impian nih! Kalo kita punya impian, kita harus jelas apa, kapan, dan berapa dana yang dibutuhkan, jadi kita harus punya SMART goals. Supaya at the end kita tahu berapa dana yang harus kita alokasikan dari sekarang, ke produk investasi apa, dengan ekspektasi return berapa dan berapa lama. Untuk jangka pendek kita bisa gunakan Reksadana Pasar Uang (RDPU)/Money Market, untuk jangka menengah kita bisa gunakan Reksadana Pendapatan Tetap (RDPT)/Fixed Income atau Reksadana Campuran (RDC)/Balanced, dan untuk jangka panjang kita bisa gunakan Reksadana Saham (RDS)/Equity. Jangan lupa sesuaikan juga pembelian produk dengan profil resiko kita, konservatif, moderat atau agresif, nah ini juga bisa di cek di POEMS Profunds (lihat gambar) jadi tahu profil resiko dan komposisi produk reksadana yang sesuai untuk kita. Kalau kita memang ngga nyaman dengan kenaikan dan penurunan/volatilitas nilai investasi di saham, ngga masalah dan ngga salah kalau kita hanya berinvestasi di RDPU atau RDPT, daripada ngga bisa tidur kan? Just kidding.. ;)


Jangan salah lho RDPU dan RDPT juga bisa memberikan hasil yang lumayan dan stabil, kemarin yang saya coba adalah produk dari Phillip Asset Management, MNC Asset Management dan Manulife Asset Management (Manulife Dana Kas II dan Manulife Obligasi Unggulan). Yang saya suka adalah kita bisa mendapatkan kemudahan karena informasi di POEMS ProFunds sangat lengkap kita bisa memilih Fund Categories (All, Money Market, Fixed Income, Balanced, Equity, Index) dan memilih Fund Management Company, lalu ada info mengenai minimum investment (new dan top up), fee (beli dan jual), download fund fact sheet & prospektus, return (1 bulan, 1 tahun, 3 tahun dan year to date), serta harga hari ini (Net Asset Value/NAV). Kalau mau beli tinggal klik button ‘Subscribe’ nanti reksadana yang dibeli akan diproses dan bisa dicek di menu ‘My Transaction’ dan kalau sudah selesai diproses bisa kita lihat di menu ‘My Funds’ yang juga dengan mudah bisa kita jual (Redeem) atau tambah investasinya (Top Up).


Saat ini juga ada menu ‘Smart Plan’ dimana kita dengan mudah bisa membuat plan untuk secara rutin/otomatis membeli produk reksadana tertentu dengan nilai rupiah yang kita bisa komit untuk diinvest tiap bulan, dan bahkan tanggalnya pun bisa kita tetapkan sendiri, sebaiknya beberapa hari setelah gajian, supaya ngga keburu habis untuk yang lain, sisihkan jangan sisakan yaa..


Jadi apapun impian kita, bisa kita capai dengan memulai satu langkah kecil yaitu berinvestasi sejak dini dan rutin, seperti kata pepatah “The journey of thousand miles begins with one step.” Lao Tzu. Dan tidak bisa dipungkiri semakin mudah caranya, apalagi jika dibuat otomatis tingkat keberhasilannya akan semakin tinggi, yang penting berdoa dan berusaha. Berinvestasi lewat reksadana online adalah salah satu solusi untuk mencapai impian kita, dan siapapun bisa! Selamat belajar, #WujudkanImpianmu dan jangan lupa terus berbagi ya!



Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman menjadi Self Employee

Yuk Lunasi Utang Mobil Lebih Cepat!

The Power Of Emergency Fund