Berbisnis Bareng Teman


Artikel dimuat di Kontan edisi Minggu 18 Januari 2015

Memulai suatu bisnis bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, ada tantangan-tantangan tersendiri yang berbeda dengan saat kita bekerja di perusahaan. Jika kita ingin memulai bisnis atau usaha bersama teman maka ada prinsip-prinsip utama yang perlu diperhatikan:

1. Trust
Kepercayaan sangat penting menjadi syarat utama untuk bekerja sama dengan seseorang. Jika kita belum bisa mempercayai teman kita maka mungkin sebaiknya kita tunda dahulu rencana tersebut. Walau memang kita tidak bisa 100% yakin namun jangan abaikan hal ini, karena banyak sekali kasus bisnis atau usaha yang berakhir tidak baik saat partner bisnis berlaku tidak jujur. Kepercayaan terkait erat dengan kejujuran.Salah satu cara untuk menguji kejujuran seseorang adalah terkait dengan pengelolaan keuangan, apakah dia pernah meminjam uang tapi tidak komit dalam mengembalikannya dan sama sekali tidak menjelaskan kenapa ia tidak bisa mengembalikan. Bertanyalah kepada orang-orang yang dekat dengan teman kita tersebut sebagai bahan pertimbangan.

2. Competency
Kita tidak harus memiliki kemampuan yang sama dengan teman kita untuk memulai suatu bisnis atau usaha yang berhasil. Bahkan terkadang partner bisa bersinergi dengan baik saat mereka memiliki perbedaan namun bisa saling melengkapi. Yang perlu dipastikan adalah bahwa partner kita memiliki kompetensi yang bisa menunjang keberhasilan bisnis, baik itu bersifat teknis maupun strategic. Lihat bagaimana kinerjanya di pekerjaan yang saat ini ia lakukan, apakah ia menunjukkan komitmen dan kemampuannya dengan baik serta bertanggung jawab.

3. Vision & Passion
Mempunyai visi atas usaha yang dibangun sangat penting, dimana hal ini biasanya ditunjang oleh passion. Rene Suhardono mengatakan passion merupakan segala aktifitas yang membuat kita berdaya (energize you and help others). Banyak usaha tidak bertahan di 5 tahun pertamanya, hal ini disebabkan oleh banyak hal, dimana salah satunya adalah karena pemilik bisnis menyerah ditengah jalan saat menghadapi masa-masa sulit. Jika kita sangat serius dengan passion kita, kita akan berjuang untuk mempertahankan apa yang sudah kita mulai, walau tidak berarti mengabaikan hal-hal penting lainnya tentunya. 

Next Article : Berbisnis Bareng Teman (2)


Comments

Popular posts from this blog

The Power Of Emergency Fund

My Reksadana Part 2: Be a Smart Investor

Good Habits vs Bad Habits