Anakku Masa Depanku



Pendidikan adalah Hak setiap anak..


Berapa banyak anak yang ada di dunia ini, dan berapa banyak dari mereka yang punya kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang layak?
Lebih dalam dari itu berapa banyak anak yang mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang mereka butuhkan untuk bertumbuh?

Anak-anak adalah harta dunia, harta yang tidak bisa digantikan dengan harta apapun..

Kemiskinan, Kekerasan dalam rumah tangga, Pelecehan seksual terhadap anak-anak, telah merenggut masa kecil yang bahagia, saat dimana mereka membutuhkan tempat untuk berlindung, bermain, berkreasi, belajar dan bertumbuh menjadi pribadi yang siap menghadapi dunia

Harta dan Uang bukanlah jawaban utama atas semuanya ini..tapi kesadaran sebagai orang tua yang penuh tanggung jawab terhadap seorang anak yang telah lahir, yang diberikan olehNya, yang telah dipercayakan kepada sepasang manusia..

Apapun yang terjadi yang menyebabkan seorang anak lahir kedunia, tidak merubah identitas sang anak, anak tetap adalah anugrah..ia adalah kertas kosong yang siap untuk ditulis..

Pendidikan cakupannya sangat luas, pendidikan dirumah, disekolah, dipergaulan dan bahkan pendidikan menjadi proses yang dijalani kemanapun si anak pergi..

Orang tua memegang tanggung jawab yang sangat besar, dan tidak mudah, terlalu banyak distraction saat ini, juga kesiapan mental sebagai orang tua menyebabkan berbagai cara mendidik dilakukan terhadap anak juga mempengaruhi bagaimana orang tua melihat pentingnya pendidikan yang baik dan benar bagi sang anak..mengenali karakter, kemampuan, kekurangan dan kelebihan anak, sehingga pendidikan yang diberikan bisa memenuhi kebutuhan dasar dan aktualisasi dirinya, menjadi yang terbaik sesuai tujuannya diciptakan kedunia..

I believe God has special purposes for each child, each one of us..

Saya sering melihat orang tua berteriak atau membentak anaknya yang masih kecil, saya hanya merasa apakah sudah tidak bisa kata-kata yang lembut digunakan pada anak-anak itu..bukankah mereka dinantikan kedatangannya..bicara dengan tegas itu perlu, tapi pada moment yang tepat, bicaralah berdua dengan anak anda, beri pengertian, kesabaran, kasih sayang..

Perjuangan orang tua untuk memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya akan meninggalkan bekas yang mendalam di hati sang anak..kisah di Kick Andy kemarin menggugah hati, dimana seorang ibu penjual jamu dengan suaminya yang bekerja sebagai tukang bakso, menyisihkan sebagian besar penghasilannya untuk pendidikan sang anak, sang ibu berkata “Saya hanya ingin ketika anak saya minta sekolah, saya bisa menyekolahkannya kemana ia mau..karena saya ingat dulu saya merengek dan menangis minta sekolah tidak diberikan..” Inilah kisah inspiratif yang bisa menjadi contoh bagi banyak orang tua, bahwa pendidikan adalah salah satu kado yang diharapkan oleh sang anak, dan pengalaman pahit karena tidak bisa mengenyam pendidikan yang diinginkan, membuat ibu ini bertekad bahwa ia tidak ingin anaknya merasakan hal yang sama seperti dirinya dulu..ia harus menyiapkan biaya pendidikan anaknya, walau itu harus mengakibatkan dirinya makan hanya dengan nasi seadanya..

Saat ini sang anak sudah mencapai pendidikan sarjana bahkan mendapatkan beasiswa di Jepang! Luar biasa bukan? Tidak ada alasan untuk sebuah pengorbanan bagi seorang anak..Ibu ini dan suaminya telah membuktikan bahwa mereka bisa, menjawab segala pertanyaan orangtua-orang tua yang lain yang mengemukakan sejumlah alasan, keluhan serta rasa ‘ketidakmampuan’ bahkan beratnya harus menyiapkan pendidikan anaknya..butuh bukti seperti apa lagi? Besarnya kemauan telah membuktikan bahwa jalan akan terbuka, bagi siapa saja yang mau berusaha..dan berdoa pastinya..

Di tulisan selanjutnya kita akan berdiskusi mengenai apa yang bisa dilakukan orang tua semenjak dini bagi pendidikan anaknya, apa saja yang menjadi penghalang atau kesulitan para orang tua dan bagaimana dengan para calon orang tua? If now we are a child, someday we will be parents too..

"Child is a blessed..parents is their guardian angle.." @phien13

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman menjadi Self Employee

Yuk Lunasi Utang Mobil Lebih Cepat!

The Power Of Emergency Fund