Cash Flow I : Belajar mencukupkan diri


Sering banget denger kata-kata, “baru tanggal segini, uang udah tipis” or “duhh..kapan sih gajian” hehe.. kayanya ga asing kan ya dengan kata-kata itu.. ya.. itulah fakta yang bisa kita temui sehari-hari.

Sebenernya masalahnya ada di pola pikir or mindset kita yang akhirnya juga terbentuk dari kata-kata yang kita sering kita ucapkan secara ga sadar, berulang-ulang..bukan kejadian pertama kan? 

Seperti ada pepatah mengatakan “keledai tidak akan jatuh di lubang yang sama” jadi harusnya kita juga bisa ga harus ngalamin hal yg sama berulang-ulang, if we know it’s not good for us and for others we loved..

So, gimana kalo kita ngalamin hal tersebut kita ga lg ngucapin kata-kata itu (not positive words), tapi bilang gini sama diri kita “Ini ga boleh terjadi lagi, bulan depan gimana caranya harus cukup!” ketika kita punya komitmen yang kuat maka somehow diri kita akan mencari jalan keluar dan yakinlah Tuhan juga pasti kasih kemampuan to people who wants to do good things..

Jadi dimulai dari kemauan untuk transparan sama diri sendiri, tau berapa yang dihasilkan dan tau berapa yang dikeluarkan dan untuk apa aja, tulis semuanya diatas kertas. Jgn dibayang-bayangin doank, percuma, trust me! I’ve been there.. ;)

Setelah ituuu..y udah gampang, gimana caranya, tahap awal kita belajar penghasilan HARUS SAMA dengan penghasilan

PENGELUARAN = PENGHASILAN

Caranya? Ya semua pos pengeluaran kan dilist, trus kalo ternyata pengeluaran lebih besar ya artinya ada pengeluaran yang harus dikurangi!



Kita yang paling tau mana yang bisa dikurangi, mana yang ngga, salah satu tipsnya kalo bingung mana yang harus dikurangin adalah kurangi hal yang tanpa itu kita masih bisa hidup dan ga merugikan orang lain, bisa kan?

Belajar mencukupkan diri artinya kita melatih diri kita untuk bisa mengelola apa yang sudah dipercayakan kepada kita.

Kalo kecil aja ga bisa ngelola, apalagi gede, setuju?

Kita semua percaya rejeki itu dari Tuhan dan Tuhan ga pernah salah ngasih rejeki.

Yuk, kita sama-sama membuktikan kalo kita bisa dipercaya.

Selalu semangat!

Cheers,

@phien13

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman menjadi Self Employee

Yuk Lunasi Utang Mobil Lebih Cepat!

The Power Of Emergency Fund