Sharing is Caring




Berbagi adalah salah satu kesempatan untuk belajar dan memberikan apa yang kita miliki kepada orang lain yang membutuhkan.

Talkshow hari Senin, 31 Oktober 2011 diadakan di Medilum (www.medilum.com), perusahaan yang menyediakan health benefits administration and risk management services, dimulai jam setengah 4 sore dihadiri kurang lebih 40an orang, kebanyakan merupakan anak muda berusia sekitar 20-30 tahun dan sisanya di usia 30an.

Acara ini diadakan karena concern dari pihak perusahaan untuk mengedukasi para karyawannya agar mereka lebih aware mengenai merencanakan keuangan dengan baik agar mereka tidak terbelit dengan berbagai-bagai hutang, terutama hutang yang melebihi kemampuan mereka dan akhirnya bisa mengakibatkan masalah, hal ini merupakan suatu bentuk kepedulian perusahaan kepada para karyawannya.

Acara dibuka oleh dr. Maharani Bayu sebagai Medical and Health Education Manager dan selanjutnya diberikan kepada Tim Akbar’s Financial Check Up yang hari itu diwakili oleh Yosephine P. Tyas sebagai Senior Associate Advisor, dan ditemani oleh Ibu Catur Sulistya (@csulistya) dan Mada Aryanugraha (@mr_mada32) para Associate Advisor.

Informasi dimulai dengan penjelasan sejumlah fakta mengapa Financial Planning diperlukan, apa yang harus dilakukan, prioritas dalam merencanakan keuangan, bagaimana langkah awal untuk memulai dan hasil yang diharapkan agar setiap orang bisa fokus dalam mencapai tujuan-tujuan keuangan mereka, sesuatu yang benar-benar ingin mereka raih di masa yang akan datang dan mulai aware bahwa hutang konsumtif merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan karena hal tersebut bisa membuat keadaan keuangan menjadi tidak sehat.

Suasana diwarnai dengan canda tawa saat narasumber mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti berapa banyak yang sudah kerja lebih dari 5 tahun, berapa yang memiliki kartu kredit lebih dari 5, karena sesama peserta saling menunjuk temannya atau malu-malu mengakui saat ditanya apakah sudah memiliki daftar aset, karena lebih banyak yang punya daftar hutang..hehe.. 

Saat masuk pada sesi Tanya Jawab, dimulai dengan beberapa orang yang bertanya, kemudian hal itu memicu banyak peserta lain yang kemudian mengajukan pertanyaan, beberapa diantaranya:
  • Apakah bijaksana jika menutup hutang kartu kredit dengan hutang KTA?
  • Seberapa persen penghasilan yang harus disisihkan untuk tabungan dan investasi?
  • Jika memiliki beberapa kartu kredit tapi kadang tidak bisa membayar full apakah masalah?
  • Bagaimana mengantisipasi kebutuhan anak yang mendadak?
  • Apakah mengumpulkan dana darurat dengan investasi boleh dilakukan bersamaan?
  • Apa yang harus dipersiapkan oleh orang-orang yang akan menikah?
  • Untuk asuransi pendidikan dan asuransi kendaraan apakah perlu?
  • Jika memulai usaha dengan hutang KTA apakah boleh?
  • Kenapa merasa penghasilan lumayan tetapi saat akhir bulan selalu impas?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut tak terasa waktu sudah menunjukkan bahwa acara harus diakhiri, dr. Maharani menutup acara dan berharap bahwa para peserta bisa menjadikan acara hari itu sebagai titik awal yang memicu mereka untuk memulai perencanaan keuangan mereka dengan lebih baik dan mengucapkan terima kasih pada Tim Akbar’s Financial Check Up yang sudah memberikan sharing yang bermanfaat hari itu dan berharap bisa berlanjut lagi lain waktu.

Berbagi itu indah :)


image taken from here


Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman menjadi Self Employee

Yuk Lunasi Utang Mobil Lebih Cepat!

The Power Of Emergency Fund