The Best Review Result!


Do you remember how many plan you’ve create? Do you review your plan?

Inget ga berapa banyak kita pernah membuat rencana? Banyak sekali bukan. Ya, bahkan sering kita membuat rencana yang sama tanpa disadari. Ada banyak plan yang akhirnya tidak dijalankan sama sekali karena beberapa sebab yang pernah saya tulis dalam artikel “A Plan Is Just A Plan!", tapi ada juga yang sudah dijalankan, namun pertanyaannya apakah sudah sesuai dengan plan? That’s why we need review!

This week I just finished doing review of my client financial plan. I’m so glad to see the result and so proud of this couple.

Suaminya berusia 30 tahun, istrinya 29 tahun dan mereka memiliki satu anak berusia 2 tahun. Ada beberapa hal penting yang bisa dipelajari dari mereka:

Career Development. 
Pada saat Financial Check Up setahun lalu, suaminya bekerja di salah satu perusahaan minyak luar dengan gaji kalau dirupiahkan kurang lebih sekitar 42 juta rupiah perbulan. Istrinya sendiri merupakan seorang ibu rumah tangga. Saat review dilakukan (setahun kemudian) sang suami sudah pindah ke satu perusahaan minyak baru. Yang saya lihat sang suami adalah seorang anak muda yang memiliki kompetensi dan keberanian dalam bekerja, sehingga ia bisa mendapatkan kompensasi dan reward dari perusahaan dengan nilai yang cukup besar dibandingkan rata-rata orang seusianya, saya membandingkan dengan puluhan hasil financial check up yang pernah saya lakukan.

        Modest and Self Control.
Dengan gaji yang cukup besar seperti itu, apakah anda tau berapa pengeluaran mereka? Percaya atau tidak mereka hanya menghabiskan 13 juta untuk pengeluaran perbulannya. Pada umumnya pengeluaran akan mengikuti penghasilan, seberapapun besarnya penghasilan, client lain yang diberikan 100 juta tiap bulan dari suaminya, ternyata pengeluarannya mencapai 130 juta! Jadi yang saya salut disini adalah kemampuan untuk tetap hidup sederhana, dibawah dari kemampuannya, live below your means, ini yang sangat jarang terjadi.

Commitment.
Hal lain yang membuat saya senang saat melakukan review adalah bahwa mereka melakukan semua action plan yang telah dibuat, mulai dari mengalokasikan dana darurat, membeli asuransi, berinvestasi untuk Dana Pembelian Property (mereka sudah memiliki 2 property), Dana Pendidikan Anak, dan Dana Pensiun. They invest almost 70% of their income! Disaat orang banyak mengatakan sulit untuk saving just 10% of their income, they are come with outstanding action, hehehe.. I think they prove that it’s possible to do it, when there is commitment.

Saat pembuatan plan networth (kekayaan bersih : Aset – Hutang) mereka 1,6 Miliar setelah review networth-nya meningkat menjadi 2,3 Miliar. Peningkatan networth mereka mencapai 40%, selain karena investasi rutin bulanan yang dilakukan, hal ini juga dikarenakan peningkatan harga rumah, berkurangnya hutang KPM dan ternyata mereka juga memiliki kelebihan cash sebesar 100 juta (diluar plan) yang bisa mereka gunakan untuk apa saja sebenarnya, tapi mereka bertanya kira-kira baiknya untuk apa, hebat!

With no doubt I can say that this is the best review result that I ever done! 100% complete! Proud of both of them, and I’m proud to be their Financial Advisor. This is one of reason why I’m so excited doing my work. 

If they can do it, you can do it too  J

Image taken from here

Comments

Popular posts from this blog

The Power Of Emergency Fund

My Reksadana Part 2: Be a Smart Investor

Good Habits vs Bad Habits