Learn and Practice Right Investment



Investasi merupakan kata-kata yang sering diucapkan, namun masih banyak orang yang salah atau kurang memahami arti investasi. Sehingga pada saat diperhadapkan pada berbagai pilihan ‘investasi’ diluar sana banyak sekali orang-orang yang merasa tertipu atau dirugikan sehingga menjadi antipati terhadap investasi karena sejumlah kejadian atau mungkin pengalaman buruk yang pernah dialaminya atau orang yang dikenalnya.

Untuk mengetahui investasi itu benar atau tidak kita harus mengetahui investasi itu sebenarnya apa. Investasi secara mudah dapat diartikan sebagai penanaman modal/dana kedalam produk investasi dalam kurun waktu tertentu dengan harapan mendapatkan hasil/return yang menguntungkan. Investasi yang benar sebaik-baiknya dilindungi secara hukum atau memiliki aturan-aturan yang jelas/legal, sehingga bisa diketahui hak dan kewajiban sebagai investor dan juga sebagai pengelola investasi, serta prosedur yang harus dilakukan pada saat membeli atau menjual investasi tersebut.

Terkadang banyak sekali penipuan yang mengatasnamakan investasi, karena dari awalnya tidak ada kejelasan antara investor dan pengelola investasi, biasanya hanya secara lisan dijanjikan sejumlah return yang cukup besar dalam waktu singkat. Namun yang terjadi adalah dalam beberapa bulan berjalan lancar, dan kemudian investor diminta untuk top up / meningkatkan jumlah investasi, baru kemudian uang dibawa lari dan pengelola investasi kabur tanpa bisa dihubungi, karena yang dimiliki hanya nomor hp yang dengan mudah diganti.

Banyak sekali kasus-kasus yang lain yang terjadi, oleh karena itu kita tidak bisa hanya menyalahkan orang lain namun kita juga perlu introspeksi dan meningkatkan pengetahuan kita tentang investasi yang benar. Learn before doing!

Pertanyaan: Sekarang ini banyak pilihan dan tawaran investasi, bagaimana cara memilih yang benar?

Jawab: Seperti yang sudah dijelaskan diatas kita perlu memiliki pengetahuan yang benar dari sumber yang benar juga, dari buku dan para ahli yang sudah bekecimpung lama di bidang investasi. Berikut adalah tips-tips terkait investasi:
  • Selalu pelajari dahulu investasi yang akan kita lakukan.
  • Jangan terburu-buru membeli atau melakukan investasi yang 'kata' orang-orang bagus, bagus itu relatif.
  • Pelajari dan ketahui risk profile anda, sehingga tidak salah dalam memilih.
  • Jangan terobsesi ingin mendapatkan keuntungan secara cepat atau instan, investasi memerlukan waktu dan proses, dan setiap produk investasi memiliki karakteristik tertentu.
  • Lakukanlah investasi secara rutin/regular, tidak harus menunggu jumlah yang besar.
  • Kerjakan bagian atau tanggung jawab kita. Seperti mengatur cashflow, memisahkan bagian khusus untuk investasi, melakukan analisa/review dan konsultasi dengan para expert secara berkala.
“An investment in knowledge pays the best interest.” Benjamin Franklin



Comments

  1. Banyak instrumen spekulasi yang menyamar sebagai instrumen investasi. Bahkan instrumen yang dulunya masuk dalam kategori investasi, karena satu hal dan yang lainnya, berubah menjadi instrumen spekulasi - you know lah, which instrument that I'm talking about :P

    Mengutip dari salah satu buku favorit saya, "The intelligent Investor", mungkin artikel berikut ini bisa membantu melengkapi artikel Anda : http://janganserakah.wordpress.com/2008/05/31/investasi-dan-spekulasi/

    Salam hangat.

    ReplyDelete
  2. Betul sekali pak! that's why many people need a lot of time, energy, also money to find the right investment out there, makanya kita butuh para ahli spt bpk dan yg lainnya untuk terus berbagi dan mengedukasi masyarakat melalui berbagai media, twitter is powerfull one.. :)

    Sudah saya baca pak artikelnya, sgt informatif and detail, akan saya jadikan acuan utk next post. Makasih ya pak atas comment dan infonya yg bermanfaat.

    Salam hangat.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman menjadi Self Employee

Yuk Lunasi Utang Mobil Lebih Cepat!

The Power Of Emergency Fund